Sabtu, 21 Juni 2014

Analisis Sistem



Analisis Sistem dapat didefinisikan sebagai :

Penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikan.
·         Tahap analisis merupakan tahap yang kritis dan sangat penting, karena kesalahan di dalam tahap ini akan menyebabkan juga kesalahan di tahap selanjutnya.
·         Digunakan untuk mendefinisikan dan menggambarkan kebutuhan pemakai secara detil, waktu spesifik dan hambatan biaya
·         Mengikuti perencanaan sistem dan dilanjutkan rancangan sistem general
·         Tugas utama analis sistem mencakup :
o    Menetapkan ruang lingkup sistem
o    Mengumpulkan fakta studi
o    Menganalisis fakta studi
o    Mengkomunikasikan penemuan melalui Laporan Analisis Sistem
·         Sistem analis yang sukses bergantung pada :
o    Fakta studi yang komprehensif
o    Teknik untuk mengumpulkan fakta studi
o    Keterlibatan penuh pemakai
o    Perangkat pemodelan untuk menganalisis

Langkah-langkah di Analisis Sistem :

Langkah-langkah di dalam tahap analisis sistem hampir sama dengan langkah-langkah yang dilakukan dalam mendefinisikan proyek-proyeksistem yang akan dikembangkan di tahap perencanaan sistem. Perbedaannya pada analisis sistem ruang lingkup tugasnya lebih terinci.
Didalam tahap analisis sistem terdapat langkah-langkah dasar yang harus dilakukan oleh Analis Sistem Yaitu sbb:
1. Identify, Yaitu mengidentifikasikan masalah
·         Mengindentifikasikan penyebab masalah
·         Mengidentifikasikan titik keputusan
·         Mengidentifikasikan personil-personil kunci

2. Understand, Yaitu memahami kerja dari sistem yang ada
·         Menentukan jenis penelitian
·         Merencanakan jadual penelitian
·         Mengatur jadual wawancara
·         Mengatur jadual observasi
·         Mengatur jadual pengambilan sampel
·         Membuat penugasan penelitian
·         Membuat agenda wawancara
·         Mengumpulkan hasil penelitian

3. Analyze, Yaitu Menganalis Sistem
·         Menganalisis kelemahan Sistem
·         Menganalisis kebutuhan Informasi pemakai / manajemen

4. Report, Yaitu membuat laporan hasil analisis
Tujuan :
·         Pelaporan bahwa analisis telah selesai dilakukan
·         Meluruskan kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen
·         Meminta pendapat-pendapat dan saran-saran dari pihak manajemen
Meminta persetujuan kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selan-jutnya 

Kebutuhan sistem
Functional vs. nonfunctional requirement
·         Kebutuhan fungsional: deskripsi aktivitas dan layanan yang harus disediakan sebuah system (inputs, outputs, processes, stored data)
·         Kebutuhan non-fungsional : deskripsi dari fitur, karakteristik dan batasan lain yang menentukan kepuasan system (Performance, ease of learning and use, budgets, deadlines, documentation, security, internal auditing controls)

Akibat ketidaktepatan penentuan kebutuhan fungsional & non-fungsional :
·         biaya lebih tinggi dari perkiraan
·         implementasi lebih lambat dari rencana
·         ketidakpuasan pengguna
·         harga perawatan dan peningkatan system lebih tinggi
·         system tidak terpecaya dan cenderung bermasalah
·         reputasi staf TI dipertanyakan

KriteriaPenentuanKebutuhanSistem :
·         Consistent (konsisten)
·         Complete (lengkap)
·         Feasible (layak)
·         Required (dibutuhkan)
·         Accurate (akurat)
·         Traceable (dapat ditelusuri)
·         Verifiable (dapat diuji)



FAKTA STUDI
·         Suatu bagian dari informasi yang memperlihatkan realita, situasi dan hubungan yang menjamin analisis dan memodelkan secara cermat
·         Fakta studi berasal dari 3 sumber yaitu :
1. Sistem sekarang : Pro kontra dari menganalisis sistem yg sekarang
  •  seorang analis tidak selalu diberi kesempatan untuk membangun sebuah sistem dari awal.
  • Timbul analisis :
o    Apa peranan sistem yg sekarang dengan sistem yang baru ?
o    Apakah sistem yg sekarang baik ? Cukup baik ?
o    Apakah sebaiknya menganalisis dan memodelkan sistem yg sekarang ?
o    Bila ya, apakah subsistem dalam sistem yg sekarang dianalisa ?

Keuntungan Menganalisis sistem yang sekarang : 
§  Menentukan apakah sistem tersebut memuaskan, memerlukan perbaikan kecil/besar atau diganti. 
§  Membantu analisis untuk mengidentifikasikan sumber yang tersedia untuk sistem yang baru
Kerugian Menganalisis sistem yang sekarang :
·         Sistem yang baru tidak relevan
·         Menghasilkan hambatan yang tidak perlu atau hambatan buatan yang dimasukkan dalam rancangan dari sistem yg baru

2. Sumber internal
·         Sumber yg paling penting adalah orang-orang yang akan menggunakan sistem yang baru
  • Sumber berikutnya bergantung dari pekerjaan pada kertas atau dokumen dalam organisasi
3. Sumber eksternal
  • Untuk melakukan pertukaran pengalaman sistem informasi dan merekomendasikan cara yg baik à melalui membentuk grup, sponsor, seminar

Teknik utama yang digunakan : 

1. Wawancara/Interview
Teknik pencarian fakta dimana System
analis mengumpulkan informasi dari individu melalui Interaksi tatap muka.
Tipe pertanyaan :
  • Open-ended question
  • netral dan tidak membatasi
  • arah dan perkembangan dari wawancara dapat dikontrol oleh jawaban orang yg diwawancarai
  • Close-ended question
  • Spesifik dan menyediakan pewawancara lebih banyak kontrol terhadap arah dan perkembangan dari wawancara
Pertanyaan dapat terbagi atas :
    • Pertanyaan Primer
  • Spesifik, direncanakan, dan netral
    • Pertanyaan Sekunder
  • Pertanyaan kelanjutan atau penelitian yg dirancang untuk mendapatkan lebih banyak informasi
  • Tidak direncanakan, selalu dihubungkan dengan pertanyaan primer
Contoh Pertanyaan
Jenis Pertanyaan
Contoh
Close-ended question
  • Berapa banyak pelanggang yg memesan via telpon ?
  • Bagaimana cara pelanggan memesan ?
  • Apa informasi tambahan yg anda inginkan yg akan disediakan oleh sistem baru ?
Open-ended question
  • Bagaimana menurut anda sistem saat ini?
  • Apa masalah yg sering anda hadapi pada sistem saat ini ?
  • Menurut anda strategi marketing apa yang cocok untuk perusahaan ini ?


5 Langkah Dasar pada Interview
  1. Memilih peserta interview
  2. Merancang pertanyaan
  3. Menyiapkan interview
  4. Mengarahkan interview
  5. Follow-up hasil interview

Memilih peserta interview
  • Berdasarkan informasi yang kita butuhkan
  • Kadang perlu melihat dari perspektif yg berbeda
    • Manager
    • User
    • Idealnya, semua yg berkepentingan

Menyiapkan Interview
  • Persiapkan rencana umum interview
    • List pertanyaan
    • Antisipasi jawaban dan follow-up
  • Konfirmasi batasan pengetahuan
  • Skala prioritas, krn waktu terbatas
  • Persiapkan interview :
    • Jadwal
    • Beritahu alasan interview
    • Beritahu batasan diskusi

Mengarahkan Interview
  • Professional dan tidak bias (jelaskan tujuan interview dan kenapa peserta tsb dipilih)
  • Rekam/catat seluruh informasi
  • Periksa kebijakan perusahaan
  • Pastikan anda mengerti seluruh masalah dan jgn ragu utk mengajukan pertanyaan bodoh
  • Pisahkan antara fakta dan opini
  • Berikan waktu bagi peserta untuk bertanya
  • Jangan lupa - ucapkan terima kasih


Interpersonal Skill
  • Skill yg penting dimiliki agar komunikasi dpt lebih efektif
    • Don’ worry be happy
      • Happy mencairkan suasana & senyum
    • Perhatian
      • Perhatikan tiap ucapan (memang sulit)
    • Buat key-point
      • Sebaiknya ulangi hal penting pd akhir diskusi (ok, saya ingin memastikan bahwa masalahnya adalah…..)
    • Jadi pendengar yg baik
      • Agar lebih banyak peserta berbicara
    • Jujur
      • Kalau tdk mengerti, bicara saja jujur
    • Perhatikan bahasa tubuh (body language)
      • Kontak mata, tangan ke belakang kursi-tdk tertarik dll

Follow-up hasil interview
  • Siapkan catatan2x interviews
  • Siapkan laporan2x
  • Minta persetujuan dari peserta tentang apa yang telah di-interview
2. Mengamati (Observasi)
    • Teknik pencarian fakta dimana analis system berpartisipasi atau mengamati seseorang yang tengah menjalankan aktivitasnya untuk mempelajari sebuahsistem.
    • Sebelum melakukan pengamatan, analis sebaiknya :
  • Mengidentifikasi dan menentukan apa yg akan diamati
  • Memperkirakan lama waktu pengamatan yg dibutuhkan
  • Mendapat persetujuan manajemen
  • Menjelaskan pada peserta apa yg akan dilakukan untuk diamati
    • Melakukan pengamatan yang paling efektif
    • Dokumentasi dan organisasi catatan pengamatan
3. Joint Application Design(JAD)
Ide Dasar
·         Membuat manajer proyek, user dan developer untuk bekerja sama dlm pengumpulan informasi
·         Metode sejak th’70 dan kadang menjadi metode yg paling baik
·         Mengurangi kesenjangan sampai 50%
Hal penting JAD :
·         Fasilitator
o    Biasanya menyewa konsultan dari luar karena perusahaan tdk berpengalaman
o    Mengatur agenda pertemuan, memandu diskusi tetapi tdk sbg partisipan
·         Scribe
o    Beberapa org yg menulis/merekam, fotocopy, kadang menggunakan Computer-Aided Software
3. Joint Application Design(JAD)
Ide Dasar
·         Membuat manajer proyek, user dan developer untuk bekerja bersama dlm pengumpulan informasi
·         Metode sejak th’70 dan kadang menjadi metode yg paling baik
·         Mengurangi kesenjangan sampai 50%
Hal penting JAD :
·         Fasilitator
o    Biasanya menyewa konsultan dari luar karena perusahaan tdk berpengalaman
o    Mengatur agenda pertemuan, memandu diskusi tetapi tdk sbg partisipan
·         Scribe
o    Beberapa org yg menulis/merekam, fotocopy, kadang menggunakan Computer-Aided Software
4. Kuesioner
Sebuahdokumendengantujuan tertentuyang digunakanuntukmengumpulkanInformasidanopinidari responden.
Langkah dalam Kuesioner
·         Memilih partisipan
o    Gunakan sample dari populasi
·         Merancang kuesioner
o    Berhati2x memilih pertanyaan
·         Mengadminstrasi kuesioner
o    Usahakan utk mendapatkan respon yg positif/baik
·         Follow-up kuesioner
o    Kirim hasil ke partisipan
Merancang Kuesioner yg baik
·         Mulai dari pertanyaan yg tdk menakutkan dan menarik
·         Kelompokkan dalam masalah yg sama
·         Jgn meletakkan hal penting di akhir kuesioner
·         Jgn membuat kuesioner kelihatan ruwet/penuh
·         Pertanyaan jangan bias
·         Berikan nomor
·         Test kuesioner terlebih dahulu utk menghindari kebingungan

5. Analisa Dokumen
·         Melihat gambaran dari Sistem Berjalan (As-Is Sistem)
·         Tipe dokumen :
o    Form
o    Laporan/Reports
o    Manual policy/kebijakan
·         Perhatikan penambahan2x yg dilakukan user pada form
·         Perhatikan elemen yg tidak dipakai pada form
·         Empat kemungkinan hasil dari analisis sistem :
1.      Membatalkan proyek
2.      Penundaan proyek
3.      Merubah proyek
4.      Melanjutkan proyek